Sebagai Passenger Services Agent, pekerjaan Anda adalah membantu penumpang dalam berbagai aspek perjalanan mereka.
Anda akan bertanggung jawab untuk melakukan check-in penumpang, memproses tiket, dan memberikan informasi terkait jadwal penerbangan.
Selain itu, Anda juga akan mengurus pengaturan bagasi, membantu penumpang dengan masalah atau keluhan, serta menjaga keamanan dan kenyamanan di area terminal.
Profil orang yang cocok untuk tipe pekerjaan Passenger Services Agent adalah seorang yang ramah, komunikatif, dan memiliki kemampuan multitasking yang baik, akan cocok dengan pekerjaan Passenger Services Agent.
Dalam posisi ini, seseorang juga perlu memiliki kemampuan penyelesaian masalah yang cepat dan efisien, serta memiliki ketelitian yang tinggi dalam mengurus proses pelayanan pelanggan.
Jika kamu tidak suka bekerja dengan orang lain, tidak fleksibel dalam menghadapi perubahan jadwal, dan memiliki kesulitan dalam menghadapi situasi yang penuh tekanan, kamu mungkin tidak cocok untuk menjadi seorang Passenger Services Agent.
Miskonsepsi umum tentang profesi Passenger services agent adalah bahwa pekerjaan ini hanya melibatkan pelayanan penumpang di pesawat, padahal sebenarnya tugas mereka meliputi pengaturan jadwal penerbangan, penanganan bagasi, dan proses check-in.
Ekspektasi yang salah tentang profesi Passenger services agent adalah bahwa pekerjaan ini santai dan mudah, namun kenyataannya mereka harus bekerja dengan ketepatan waktu yang ketat dan mampu menghadapi situasi darurat seperti penundaan atau pembatalan penerbangan.
Perbedaan dengan profesi yang mirip, seperti Customer service agent, adalah bahwa Passenger services agent secara spesifik berkaitan dengan industri penerbangan dan fokus pada kebutuhan dan pengalaman penumpang, sementara Customer service agent cenderung beroperasi di berbagai industri.