Sebagai peneliti perubahan kurikulum, tugas utama meliputi analisis terhadap perubahan-perubahan yang terjadi dalam kurikulum pendidikan.
Pekerjaan ini juga melibatkan pengumpulan data, baik dari literatur maupun dari responden yang terlibat dalam perubahan kurikulum.
Selain itu, peneliti perubahan kurikulum juga harus menggali informasi serta menginterpretasikan data-data yang diperoleh untuk memberikan rekomendasi atau saran terkait dengan perubahan kurikulum yang lebih baik.
Profil orang yang cocok untuk tipe pekerjaan Peneliti Perubahan Kurikulum adalah seseorang yang memiliki latar belakang pendidikan yang kuat, memiliki kemampuan analisis yang baik, dan berpikiran kritis dalam merancang dan mengembangkan kurikulum yang efektif.
Sebagai seorang peneliti, individu ini juga harus memiliki keterampilan komunikasi yang baik, serta kemampuan untuk bekerja secara mandiri dan dalam tim dalam mengumpulkan data dan menganalisis hasil penelitian.
Jika kamu tidak memiliki kemampuan analitis yang kuat dan tidak tertarik dengan penelitian mendalam, kemungkinan besar kamu tidak cocok dengan pekerjaan sebagai peneliti perubahan kurikulum.
Miskonsepsi tentang profesi Peneliti perubahan kurikulum adalah bahwa mereka hanya bertanggung jawab untuk merumuskan dan mendesain kurikulum baru tanpa mempertimbangkan ekspektasi dan kebutuhan siswa serta stakeholder pendidikan lainnya.
Realita profesi Peneliti perubahan kurikulum adalah bahwa mereka harus melakukan analisis mendalam terhadap ekspektasi dan kebutuhan siswa, guru, orang tua, dan komunitas pendidikan, serta memastikan bahwa kurikulum yang dirancang merespons secara efektif.
Perbedaan dengan profesi yang mirip, seperti Kurikulum Developer atau Ahli Kurikulum, adalah bahwa Peneliti perubahan kurikulum biasanya lebih fokus pada riset dan analisis, sementara Kurikulum Developer lebih fokus pada implementasi dan pengembangan strategi pengajaran yang sesuai dengan kurikulum yang ada.