Sebagai penulis musik iklan, tugas utamanya adalah menciptakan lagu atau musik latar yang sesuai dengan tema dan pesan yang ingin disampaikan dalam iklan.
Pekerjaan ini melibatkan pemahaman mendalam tentang brand dan produk yang diiklankan serta kemampuan dalam mengkomunikasikan pesan yang menarik dan relevan melalui musik.
Selain itu, penulis musik iklan juga perlu bekerja sama dengan tim kreatif, produser, dan klien untuk memastikan bahwa musik yang diciptakan memenuhi kebutuhan dan harapan mereka.
Profil orang yang cocok untuk tipe pekerjaan Penulis Musik Iklan adalah mereka yang memiliki kreativitas tinggi dalam menciptakan melodi yang menarik dan memikat serta memiliki pemahaman yang baik tentang pesan yang ingin disampaikan melalui musik iklan tersebut.
Dalam bekerja sebagai Penulis Musik Iklan, seorang kandidat juga harus memiliki kemampuan untuk bekerja dengan deadline yang ketat dan memiliki kepekaan terhadap tren musik terkini untuk menciptakan musik yang relevan dan menarik bagi target audiens.
Jika kamu kurang memiliki kreativitas dalam menghasilkan musik yang dapat memikat perhatian pendengar dan kurang memiliki pemahaman dalam memahami kebutuhan iklan, kemungkinan kamu tidak cocok dengan pekerjaan sebagai penulis musik iklan.
Miskonsepsi tentang profesi Penulis musik iklan adalah bahwa mereka hanya menulis jingle iklan yang sederhana, padahal sebenarnya mereka menciptakan lagu yang mengesankan dalam waktu yang sangat terbatas.
Ekspektasi orang pada Penulis musik iklan adalah bahwa mereka bekerja dengan selebriti dan akan menjadi terkenal, padahal kenyataannya mereka lebih sering bekerja di balik layar untuk brand besar dan kurang dikenal oleh publik.
Perbedaan dengan profesi yang mirip, seperti Penulis lagu, adalah bahwa Penulis musik iklan harus mampu mengemas pesan dan emosi dalam durasi yang sangat singkat, sedangkan Penulis lagu memiliki kebebasan untuk mengekspresikan kisah yang lebih panjang.