Penyelidik Pasar Makanan

  Profil Profesi

Sebagai penyelidik pasar makanan, pekerjaan ini melibatkan analisis dan pengumpulan data untuk mengidentifikasi tren dan preferensi konsumen dalam industri makanan.

Tugas utama termasuk melakukan survei pasar, mengumpulkan data konsumen, menganalisis data penjualan, dan melaporkan hasil temuan kepada tim manajemen.

Selain itu, sebagai seorang penyelidik pasar makanan, penting untuk selalu mengikuti perkembangan terbaru dalam industri, mempelajari persaingan, dan melakukan riset kompetitif untuk memberikan rekomendasi yang berharga kepada perusahaan.

Apa saya cocok bekerja sebagai Penyelidik pasar makanan?

Profil orang yang cocok untuk tipe pekerjaan Penyelidik pasar makanan adalah seseorang yang memiliki kemampuan analitis yang kuat, dapat mengumpulkan dan mengolah data dengan cermat, dan memiliki pemahaman yang mendalam tentang industri makanan.

Kemampuan komunikasi yang baik juga penting, untuk dapat mengartikulasikan temuan mereka dengan jelas dan menyampaikan rekomendasi strategis kepada klien.

Jika kamu tidak memiliki minat atau pengetahuan yang cukup dalam dunia makanan dan juga tidak memiliki keterampilan analitis yang kuat, kemungkinan kamu tidak cocok dengan pekerjaan ini.

Konsep, ekspektasi dan realita

Miskonsepsi tentang profesi penyelidik pasar makanan adalah bahwa mereka hanya mencicipi makanan enak secara gratis sepanjang hari, padahal kenyataannya mereka melakukan analisis data dan penelitian pasar yang intensif.

Ekspektasi banyak orang adalah bahwa profesi ini hanya membutuhkan pengetahuan dan kecintaan terhadap makanan, tetapi realitanya penyelidik pasar makanan harus memiliki keterampilan analisis yang kuat dan kemampuan mengambil keputusan strategis.

Perbedaan dengan profesi yang mirip seperti food blogger adalah bahwa penyelidik pasar makanan bertujuan untuk mengumpulkan data dan informasi yang objektif untuk membantu perusahaan dalam pengambilan keputusan bisnis, sedangkan food blogger lebih fokus pada ulasan dan pembaruan tentang makanan untuk audiens mereka.

Jurusan Kuliah yang Mendukung

Manajemen Pemasaran
Statistik
Ilmu Ekonomi
Sosiologi
Psikologi Bisnis
Nutrisi dan Dietetika
Ilmu Pangan
Ilmu Komunikasi
Teknologi Makanan
Agribisnis

Contoh perusahaan atau institusi yang membutuhkan

Unilever Indonesia
Indofood
Nestle Indonesia
Mayora Indah
Siantar Top
Wings Group
IndoAgri
GarudaFood
Kalbe Farma
Sarimelati Kencana (Pizza Hut Indonesia)