Tugas utama petugas operasional di industri perjalanan wisata adalah mengorganisir dan mengelola semua kegiatan terkait perjalanan wisata.
Hal ini meliputi pengaturan transportasi, akomodasi, dan kegiatan lainnya yang diperlukan selama perjalanan wisata.
Pada saat yang sama, petugas operasional juga bertanggung jawab untuk tetap menjaga hubungan yang baik dengan mitra bisnis, seperti agen perjalanan, hotel, dan maskapai penerbangan, untuk memastikan semua aspek perjalanan terlaksana dengan sukses.
Profil orang yang cocok untuk tipe pekerjaan Petugas Operasional di industri perjalanan wisata adalah seseorang yang memiliki kemampuan multitasking yang baik, mampu bekerja dengan efisien dalam situasi yang serba cepat, dan memiliki pengetahuan yang luas tentang industri pariwisata.
Mereka juga harus memiliki kemampuan komunikasi yang baik, mampu bekerja dengan baik dalam tim, dan memiliki keinginan kuat untuk memberikan pelayanan yang terbaik kepada pelanggan.
Jika kamu cenderung tidak tertarik dengan perjalanan dan kurang memiliki keterampilan komunikasi yang baik dengan orang lain, kemungkinan kamu tidak cocok dengan pekerjaan ini.
Miskonsepsi tentang profesi petugas operasional di industri perjalanan wisata adalah bahwa pekerjaannya hanya berhubungan dengan perjalanan dan liburan, padahal sebenarnya mereka juga bertanggung jawab dalam mengatur jadwal, transportasi, akomodasi, dan koordinasi dengan penyedia layanan lainnya.
Ekspektasi dari profesi ini sering kali berhubungan dengan kegiatan liburan yang menyenangkan dan berkesan, namun realitanya, petugas operasional seringkali dihadapkan pada tantangan seperti perubahan jadwal, kendala logistik, dan penyelesaian masalah di lapangan.
Perbedaan dengan profesi yang mirip, seperti agen perjalanan, terletak pada tanggung jawab yang lebih besar dalam mengatur operasional secara keseluruhan. Petugas operasional harus memiliki pemahaman yang mendalam tentang industri pariwisata dan kemampuan mengelola logistik dengan efisien.