Pekerjaan sebagai petugas penerima tamu melibatkan menyambut dan melayani tamu dengan ramah serta memberikan informasi yang diperlukan.
Tugas utama meliputi mencatat daftar tamu, memberikan informasi mengenai tempat atau acara yang akan dihadiri, dan mengarahkan tamu ke tempat yang dituju.
Selain itu, pekerjaan ini juga melibatkan komunikasi dengan tamu dan menjaga tampilan area penerima tamu agar selalu bersih dan rapi.
Profil orang yang cocok untuk tipe pekerjaan Petugas Penerima Tamu adalah seorang yang ramah, sopan, memiliki kemampuan komunikasi yang baik, serta dapat bekerja dengan efisien dalam situasi yang sibuk dan multitasking.
Mereka juga harus memiliki penampilan yang rapi dan profesional, serta memiliki kemampuan problem solving yang baik untuk menghadapi situasi yang tidak terduga.
Jika kamu mudah kehilangan kesabaran dan tidak memiliki keterampilan komunikasi yang baik, kemungkinan kamu tidak cocok sebagai seorang petugas penerima tamu.
- Ekspektasi: Petugas penerima tamu hanya duduk di depan meja, mengucapkan selamat datang, dan tersenyum sepanjang waktu.
Realita: Petugas penerima tamu juga harus bisa menangani situasi yang kompleks, seperti menangani keluhan tamu, mencari solusi, dan bekerja dengan berbagai departemen di hotel.
- Perbedaan dengan profesi mirip: Petugas penerima tamu (receptionist) biasanya berfokus pada hotel atau penginapan, sedangkan pramugari (flight attendant) berfokus pada pelayanan di pesawat terbang. Meski keduanya berinteraksi dengan tamu/pelanggan, lingkungan kerja dan tugas yang dilakukan berbeda.
- Ekspektasi: Petugas penerima tamu hanya melakukan tugas-tugas administratif seperti mendaftar tamu dan memberikan kunci kamar.
Realita: Selain tugas administratif, petugas penerima tamu juga harus menyediakan informasi tentang hotel atau tempat wisata, memberikan rekomendasi restoran, dan bersedia membantu tamu dalam berbagai permintaan atau kebutuhan khusus.