Pekerjaan sebagai resepsionis hotel melibatkan penerimaan tamu, check-in dan check-out, serta memberikan informasi mengenai pelayanan dan fasilitas hotel kepada tamu.
Tugas utama meliputi mengoperasikan mesin reservasi, menerima dan mengambil pesan telepon, serta menangani keluhan atau masalah tamu.
Selain itu, resepsionis hotel juga harus memiliki keterampilan komunikasi yang baik dalam berbahasa Inggris maupun bahasa asing lainnya untuk melayani tamu dari berbagai negara.
Profil orang yang cocok untuk tipe pekerjaan Resepsionis Hotel adalah seorang yang ramah, memiliki kemampuan komunikasi yang baik, dan mampu bekerja dengan cepat dalam situasi yang padat.
Dalam menghadapi berbagai situasi dan tamu yang berbeda, seorang resepsionis hotel juga perlu memiliki kemampuan multitasking dan kepemimpinan yang baik untuk menjaga keamanan dan kenyamanan tamu.
Jika kamu tidak memiliki kemampuan komunikasi yang baik, sulit dalam berinteraksi dengan orang lain, dan tidak sabar menghadapi situasi yang penuh tekanan, kemungkinan kamu tidak cocok dengan pekerjaan sebagai resepsionis hotel.
Ekspektasi: Seorang resepsionis hotel hanya perlu tersenyum, membantu tamu, dan menjawab telepon dengan sopan. Realita: Seorang resepsionis hotel harus memiliki banyak keterampilan seperti penanganan konflik, multitasking, dan mampu mengatasi situasi yang tidak terduga.
Perbedaan dengan profesi yang mirip: Perbedaan antara resepsionis hotel dengan front desk officer di perusahaan adalah dalam pengalaman dan lingkungan kerja. Resepsionis hotel bekerja di industri perhotelan yang terhubung dengan tamu yang datang dan pergi, sementara front desk officer di perusahaan melayani pelanggan yang lebih konsisten.
Miskonsepsi: Banyak orang berpikir menjadi resepsionis hotel hanya merupakan pekerjaan sementara atau rendahan. Padahal, menjadi seorang resepsionis hotel dapat membawa kesempatan untuk belajar dan berkembang dalam industri perhotelan serta dapat menjadi pintu gerbang untuk lebih tinggi dalam karir.