Staf hubungan tamu bertanggung jawab untuk menyambut tamu, menangani pertanyaan dan permintaan tamu, serta memberikan layanan yang memuaskan selama masa menginap di hotel.
Tugas utama meliputi registrasi tamu, pendaftaran check-in dan check-out, pengaturan reservasi, serta menyediakan informasi tentang fasilitas hotel dan atraksi wisata di sekitarnya.
Selain itu, pekerjaan ini juga melibatkan komunikasi yang baik dengan departemen lain, seperti housekeeping dan restoran, untuk memastikan kebutuhan tamu terpenuhi dengan baik.
Seorang yang cocok untuk pekerjaan sebagai staf hubungan tamu adalah orang yang ramah, memiliki keterampilan komunikasi yang baik, dan mampu menjaga hubungan yang baik dengan pelanggan.
Dalam posisi ini, seorang kandidat juga harus memiliki ketekunan dan kesabaran serta kemampuan multitasking yang baik dalam menangani berbagai situasi yang melibatkan pelanggan.
Jika kamu memiliki kurangnya keterampilan komunikasi, kesabaran, dan tidak senang berinteraksi dengan orang lain, maka kamu tidak cocok menjadi staf hubungan tamu.
Miskonsepsi tentang Staf Hubungan Tamu adalah bahwa pekerjaannya hanya melayani tamu dengan senyuman tanpa ada tantangan. Realitanya, mereka sering menghadapi situasi sulit dan harus berurusan dengan keluhan tamu yang tidak puas.
Ekspektasi yang salah tentang Staf Hubungan Tamu adalah bahwa mereka selalu tersedia 24/7. Namun, realitanya, mereka juga perlu istirahat dan tidak selalu siap sedia setiap saat.
Perbedaan Staf Hubungan Tamu dengan profesi yang mirip, seperti Resepsionis, adalah tanggung jawabnya yang lebih luas. Staf Hubungan Tamu tidak hanya bertanggung jawab untuk menyambut tamu, tetapi juga harus mengelola pengalaman tamu secara keseluruhan, termasuk merespons keluhan dan memberikan layanan yang sempurna.