Staff Administrasi Customer Service

  Profil Profesi

Pekerjaan sebagai Staff Administrasi Customer Service melibatkan pelayanan kepada pelanggan dalam bidang administrasi.

Tugas utama meliputi menerima dan memberikan informasi kepada pelanggan terkait dengan produk dan layanan perusahaan.

Selain itu, pekerjaan ini juga melibatkan pemrosesan data pelanggan, penanganan keluhan, dan koordinasi dengan departemen terkait untuk menyelesaikan masalah pelanggan.

Apa saya cocok bekerja sebagai Staff Administrasi Customer Service?

Profil orang yang cocok untuk pekerjaan Staff Administrasi Customer Service adalah seorang yang ramah, memiliki keterampilan komunikasi yang baik, dan mampu menjaga hubungan baik dengan pelanggan.

Kandidat yang juga memiliki kemampuan multitasking, ketelitian, dan kesabaran dalam menangani pertanyaan dan keluhan pelanggan akan cocok dengan peran Staff Administrasi Customer Service.

Jika kamu adalah seorang yang tidak sabar, kurang suka berinteraksi dengan banyak orang, dan tidak memiliki kemampuan mengelola dokumen dengan baik, kemungkinan kamu tidak cocok dengan pekerjaan ini.

Konsep, ekspektasi dan realita

Miskonsepsi tentang profesi Staff Administrasi Customer Service adalah bahwa pekerjaan ini hanya tentang melayani pelanggan dengan ramah. Namun, realitanya, seorang Staff Administrasi Customer Service juga harus mengurus administrasi seperti pemrosesan pesanan, mengelola data pelanggan, dan menangani keluhan dalam waktu yang terbatas.

Salah satu perbedaan utama dengan profesi yang mirip, seperti kasir atau sales, adalah bahwa seorang Staff Administrasi Customer Service lebih fokus pada pekerjaan administratif. Mereka biasanya bekerja di belakang layar untuk mengelola segala aspek administrasi dalam hubungan pelanggan, sedangkan kasir atau sales biasanya berinteraksi langsung dengan pelanggan di toko.

Miskonsepsi lainnya adalah bahwa pekerjaan Staff Administrasi Customer Service tidak membutuhkan ketrampilan komunikasi yang tinggi. Namun, kenyataannya, ketrampilan komunikasi yang baik sangat penting dalam pekerjaan ini. Seorang Staff Administrasi Customer Service harus mampu berkomunikasi dengan jelas dan efektif dengan pelanggan dan juga dengan anggota tim lainnya dalam perusahaan.

Jurusan Kuliah yang Mendukung

Administrasi Bisnis - Memiliki pengetahuan yang mendalam tentang administrasi bisnis dan manajemen, serta kemampuan untuk berhubungan dengan pelanggan.
Manajemen Bisnis - Mengajarkan keterampilan dalam memimpin dan mengelola tim, serta mengelola aspek-aspek administrasi dalam bisnis.
Manajemen Pemasaran - Memberikan pemahaman tentang pemasaran, termasuk interaksi dengan pelanggan dan pengelolaan basis data pelanggan.
Komunikasi - Menguasai keterampilan komunikasi yang efektif dalam berinteraksi dengan pelanggan.
Teknik Informatika - Memiliki pengetahuan dan keterampilan dalam menggunakan sistem informasi untuk mengelola data pelanggan.
Hubungan Masyarakat - Memiliki pengetahuan tentang hubungan masyarakat dan keterampilan dalam berkomunikasi dengan pelanggan secara efektif.
Psikologi - Menyediakan pemahaman tentang perilaku manusia dan bagaimana berinteraksi dengan pelanggan.
Studi Bisnis Internasional - Mengajarkan pemahaman tentang bisnis global dan interaksi dengan pelanggan dari berbagai budaya.
Sosiologi - Memahami masyarakat dan dinamika kelompok, serta kemampuan untuk berinteraksi dengan beragam tipe pelanggan.
Akuntansi - Memiliki pengetahuan tentang pengelolaan keuangan dan pelaporan keuangan, yang dapat membantu dalam administrasi pelanggan.

Contoh perusahaan atau institusi yang membutuhkan

Telkom Indonesia
Bank Mandiri
Indosat Ooredoo
Pertamina
Garuda Indonesia
Astra International
XL Axiata
BCA (Bank Central Asia)
Bukalapak
Tokopedia