Pemasaran

  Jurusan Kuliah   Tingkat D3

Definisi dan intro

Jurusan Pemasaran adalah program studi yang membahas strategi dan teknik untuk mempromosikan produk atau layanan kepada konsumen.

Dalam jurusan ini, Anda akan mempelajari berbagai aspek penting dalam pemasaran seperti riset pasar, analisis konsumen, pemasaran digital, dan manajemen merek.

Jurusan ini cocok bagi mereka yang memiliki minat di bidang komunikasi, kreativitas, dan analisis pasar.

Dengan lulusan dari jurusan Pemasaran, Anda akan siap untuk bekerja di berbagai industri dan memiliki keahlian yang dibutuhkan untuk meraih keberhasilan dan pertumbuhan bisnis.

Apa yang dipelajari?

Mata kuliah di jurusan Pemasaran mempelajari ilmu tentang:

  • Analisis Data Pemasaran (misalnya dengan SPSS atau Excel)
  • Analisis dan Perencanaan Pemasaran
  • Customer Relationship Management (CRM)
  • Distribusi dan Logistik
  • E-commerce
  • ...dan 15 lainnya
  • Login untuk lihat lengkapnya

Catatan: daftar nama mata kuliah untuk prodi Pemasaran tergantung pada tiap perguruan tinggi. Daftar diatas adalah perkiraan objek keilmuan rata-rata, ada kemungkinan akan berbeda antara satu kampus dengan yang lain.

Miskonsepsi, ekspektasi dan realita

1. Banyak yang menganggap jurusan Pemasaran hanya belajar beriklan, padahal juga mempelajari strategi pasar, perilaku konsumen, dan analisis data.

2. Seringkali dianggap sama dengan jurusan Manajemen, namun Pemasaran lebih spesifik ke dalam strategi promosi dan distribusi produk atau jasa.

3. Ada ekspektasi bahwa lulusan Pemasaran akan langsung menjadi pakar iklan, sedangkan realitanya membutuhkan banyak pengalaman dan pemahaman pasar untuk sukses di bidang ini.

Bagaimana prospek karirnya?

Daftar nama profesi/jabatan dan karir yang potensial untuk jurusan Pemasaran:

  • Account Executive
  • Advertising Executive
  • Brand Manager
  • Business Development Executive
  • Customer Service Representative
  • ...dan 15 lainnya
  • Login untuk lihat lengkapnya

Kampus yang menyediakan program studi