Jurusan Pemasaran Komoditas Kopi adalah program studi yang bertujuan untuk mengajarkan siswa tentang strategi pemasaran yang efektif untuk industri kopi.
Melalui mata kuliah seperti manajemen pemasaran, analisis konsumen, serta teknik pemasaran digital, mahasiswa akan memperoleh pemahaman mendalam tentang industri kopi dan teknik pemasaran yang relevan.
Jurusan ini cocok bagi mereka yang memiliki minat dalam industri kopi, berkemampuan berkomunikasi dengan baik, serta ingin mempelajari strategi pemasaran yang dapat memberikan kontribusi positif bagi penjualan dan pertumbuhan komoditas kopi.
Mata kuliah di jurusan Pemasaran Komoditas Kopi mempelajari ilmu tentang:
Catatan: daftar nama mata kuliah untuk prodi Pemasaran Komoditas Kopi tergantung pada tiap perguruan tinggi. Daftar diatas adalah perkiraan objek keilmuan rata-rata, ada kemungkinan akan berbeda antara satu kampus dengan yang lain.
1. Ekspektasi: Jurusan Pemasaran Komoditas Kopi hanya mempelajari cara menjual kopi, padahal realitanya juga mempelajari proses produksi, kualitas, dan rantai pasok.
2. Beberapa orang mengira kuliah Pemasaran Komoditas Kopi sama dengan Barista atau Pengelolaan Kafe, tetapi program ini lebih fokus pada strategi pemasaran dan bisnis.
3. Tidak hanya tentang iklan dan promosi, mahasiswa Pemasaran Komoditas Kopi juga belajar tentang analisis pasar, perilaku konsumen, dan keberlanjutan dalam agribisnis kopi.
Daftar nama profesi/jabatan dan karir yang potensial untuk jurusan Pemasaran Komoditas Kopi: