Jurusan Manajemen Pemasaran adalah program studi yang berfokus pada strategi dan teknik pemasaran produk atau jasa.
Mahasiswa dalam jurusan ini akan mempelajari mata kuliah seperti perencanaan pemasaran, riset konsumen, branding, dan analisis pasar.
Jurusan ini memberikan pengetahuan dan keterampilan yang dibutuhkan untuk mengembangkan dan melaksanakan strategi pemasaran yang efektif.
Jurusan Manajemen Pemasaran sangat cocok bagi mereka yang memiliki minat dan kemampuan di bidang kreativitas, analisis pasar, dan komunikasi interpersonal.
Mata kuliah di jurusan Manajemen Pemasaran mempelajari ilmu tentang:
Catatan: daftar nama mata kuliah untuk prodi Manajemen Pemasaran tergantung pada tiap perguruan tinggi. Daftar diatas adalah perkiraan objek keilmuan rata-rata, ada kemungkinan akan berbeda antara satu kampus dengan yang lain.
1. Banyak orang berpikir jurusan Manajemen Pemasaran hanya tentang beriklan dan menjual, padahal kenyataannya juga mencakup analisis pasar, strategi produk, dan pemahaman perilaku konsumen.
2. Ekspektasi bahwa lulusan Manajemen Pemasaran langsung menjadi eksekutif tinggi tanpa pengalaman adalah miskonsepsi, karena realitanya memerlukan pengalaman lapangan dan keterampilan manajerial yang matang.
3. Jurusan Manajemen Pemasaran sering dikira sama dengan jurusan Bisnis, tetapi Manajemen Pemasaran lebih spesifik pada strategi dan aktivitas yang mendorong penjualan, sedangkan Bisnis lebih luas cakupannya, termasuk keuangan, operasi, dan sumber daya manusia.
Daftar nama profesi/jabatan dan karir yang potensial untuk jurusan Manajemen Pemasaran: