Asisten Manajer Layanan Pelanggan

  Profil Profesi

Sebagai asisten manajer layanan pelanggan, tanggung jawab utama meliputi membantu mengelola dan mengawasi operasional tim layanan pelanggan.

Tugas sehari-hari meliputi merespons pertanyaan dan keluhan pelanggan, mengoordinasikan penyelesaian masalah, dan memastikan kepuasan pelanggan terjaga.

Selain itu, pekerjaan ini juga melibatkan melakukan analisis data dan membuat laporan untuk membantu manajer membuat keputusan strategis yang berkaitan dengan layanan pelanggan.

Apa saya cocok bekerja sebagai Asisten manajer layanan pelanggan?

Seorang yang berpengalaman dalam bidang layanan pelanggan dan memiliki keterampilan kepemimpinan yang baik serta mampu mengatasi masalah dengan cepat dan efektif, serta memiliki keterampilan komunikasi interpersonal yang bagus, akan cocok sebagai Asisten Manajer Layanan Pelanggan.

Memiliki kemampuan dalam mengelola tim, mengkoordinasikan kegiatan, dan membuat keputusan yang tepat berdasarkan analisis data, serta memiliki kemampuan dalam menghadapi situasi yang menantang dan memberikan solusi yang memuaskan pelanggan, akan membuat seseorang cocok untuk peran Asisten Manajer Layanan Pelanggan.

Jika kamu tidak memiliki kemampuan komunikasi yang baik, sulit untuk berempati dengan orang lain, dan tidak bisa mengatasi konflik dengan baik, kemungkinan kamu tidak cocok dengan pekerjaan ini.

Konsep, ekspektasi dan realita

Miskonsepsi tentang asisten manajer layanan pelanggan adalah ekspektasi bahwa pekerjaannya hanya mengurus keluhan pelanggan. Namun, realitanya, mereka juga harus mengelola tim, membuat laporan, dan mengawasi operasional keseluruhan.

Perbedaan dengan profesi yang mirip, seperti staf layanan pelanggan, adalah asisten manajer layanan pelanggan memiliki tanggung jawab yang lebih luas dan kompleks. Mereka tidak hanya berinteraksi dengan pelanggan, tetapi juga terlibat dalam pengambilan keputusan strategis dan manajemen tim.

Salah satu miskonsepsi lainnya adalah bahwa asisten manajer layanan pelanggan hanya duduk di meja dan menerima telepon. Pada kenyataannya, mereka sering terlibat dalam situasi yang menantang dan kompleks, seperti menangani keluhan pelanggan yang sulit atau mengelola konflik internal dalam tim.

Jurusan Kuliah yang Mendukung

Manajemen Bisnis
Komunikasi Bisnis
Manajemen Pemasaran
Ekonomi Bisnis
Administrasi Bisnis
Manajemen Perhotelan
Manajemen Operasi
Manajemen Sumber Daya Manusia
Manajemen Penjualan
Manajemen Keuangan

Contoh perusahaan atau institusi yang membutuhkan

PT Telekomunikasi Selular (TELKOMSEL)
PT Bank Central Asia Tbk (BCA)
PT Bank Mandiri (Persero) Tbk
PT Indofood Sukses Makmur Tbk (INDOFOOD)
PT Astra International Tbk
PT Samsung Electronics Indonesia
PT Garuda Indonesia (Persero) Tbk
PT XL Axiata Tbk
PT Pertamina (Persero)
PT Tokopedia