Executive Assistant/sekretaris Bilingual

  Profil Profesi

Sebagai seorang executive assistant/sekretaris bilingual, tugas utama saya adalah menyediakan dukungan administratif dan komunikasi yang efektif kepada eksekutif atau manajer senior dalam bahasa Inggris dan bahasa Indonesia.

Keterampilan yang diperlukan termasuk mengelola jadwal, mengatur perjalanan bisnis, mempersiapkan dokumen dan presentasi, serta memastikan kelancaran komunikasi dengan klien dan pihak internal dalam kedua bahasa.

Selain itu, saya juga bertanggung jawab dalam menerjemahkan dokumen atau email, dan menyediakan interpretasi dalam pertemuan atau konferensi jika diperlukan.

Apa saya cocok bekerja sebagai Executive assistant/sekretaris bilingual?

Profil orang yang cocok untuk tipe pekerjaan Executive Assistant / Sekretaris bilingual adalah seseorang yang multitasking, memiliki kemampuan organisasi yang baik, dan mampu berkomunikasi dengan baik dalam dua bahasa.

Tugas sebagai asisten eksekutif atau sekretaris sering kali melibatkan pengelolaan jadwal, perencanaan acara, dan komunikasi dengan berbagai pihak, sehingga seorang kandidat harus memiliki kemampuan multitasking dan dapat berkomunikasi dengan lancar dalam dua bahasa.

Jika kamu tidak memiliki kemampuan berkomunikasi yang baik dalam dua bahasa dan tidak memiliki keterampilan organisasi yang kuat, kemungkinan kamu tidak cocok dengan pekerjaan sebagai executive assistant/sekretaris bilingual ini.

Konsep, ekspektasi dan realita

Ekspektasi tentang profesi Executive Assistant/sekretaris bilingual adalah bahwa mereka hanya bertanggung jawab untuk menangani pekerjaan administratif dasar dan menerjemahkan dokumen-dokumen. Namun, realitanya, mereka juga sering kali harus mengatur jadwal, mengatur perjalanan, mengelola data, dan bahkan melakukan tugas manajerial yang lebih kompleks.

Perbedaan dengan profesi yang mirip, seperti penerjemah atau asisten administratif, adalah bahwa seorang Executive Assistant/sekretaris bilingual memiliki tanggung jawab yang lebih luas dan kompleks. Mereka harus memiliki kemampuan serta keahlian administratif yang kuat, mampu bekerja secara efisien dalam bahasa asing, dan juga memiliki pemahaman tentang ruang lingkup bisnis di mana mereka bekerja.

Miskonsepsi lain adalah bahwa profesi ini hanya memerlukan kemampuan bahasa yang baik. Padahal, seorang Executive Assistant/sekretaris bilingual juga harus memiliki keterampilan interpersonal yang baik, kemampuan organisasi yang tinggi, serta kemampuan multitasking yang kuat. Mereka harus mampu beradaptasi dengan lingkungan kerja yang dinamis dan dapat menjaga kerahasiaan serta kepercayaan dari atasan mereka.

Jurusan Kuliah yang Mendukung

Administrasi Bisnis
Manajemen Bisnis
Sekretaris Bilingual atau Bahasa dan Kebijakan Internasional
Manajemen Perkantoran
Komunikasi dan Hubungan Masyarakat
Bahasa Asing dan Hubungan Internasional
Manajemen SDM
Pemasaran Internasional
Bisnis Internasional
Bahasa dan Sastra Asing

Contoh perusahaan atau institusi yang membutuhkan

PT XYZ Indonesia
PT ABC Group
PT DEF Manufacturing
PT GHI Finance
PT JKL Consulting
PT MNO Energy
PT PQR Retail
PT STU Healthcare
PT VWX Technology
PT YZB Logistics