Sebagai seorang Koordinator Reservasi dan Pemesanan, tugas utama meliputi mengatur dan mengelola proses pemesanan dan reservasi tiket, hotel, dan paket liburan.
Selain itu, pekerjaan ini juga melibatkan komunikasi yang efektif dengan klien dan pihak terkait lainnya untuk memastikan semua permintaan dan kebutuhan klien terpenuhi dengan baik.
Selain itu, juga perlu melakukan pemantauan terhadap ketersediaan dan tarif tiket, hotel, atau paket liburan, serta melakukan penawaran terbaik kepada klien.
Seorang yang cocok untuk posisi Koordinator Reservasi dan Pemesanan adalah seseorang yang memiliki keterampilan komunikasi yang baik, mampu bekerja dengan cepat dalam situasi yang sibuk, dan memiliki kemampuan organisasi yang baik untuk mengatur jadwal reservasi.
Sebagai Koordinator Reservasi dan Pemesanan, individu harus dapat berhubungan dengan pelanggan dengan sopan dan efektif, serta dapat melakukan multitasking dengan baik untuk mengatur dan mengelola reservasi secara efisien.
Jika kamu adalah orang yang tidak teliti, kurang terorganisir, dan sulit bekerja dengan tenggat waktu yang ketat, kamu mungkin tidak cocok dengan pekerjaan Koordinator Reservasi dan Pemesanan.
Miskonsepsi tentang profesi Koordinator Reservasi dan Pemesanan adalah bahwa pekerjaannya hanya mengatur reservasi hotel belaka, padahal sebenarnya mereka juga harus mengurus reservasi untuk transportasi, restoran, dan kegiatan lainnya.
Ekspektasi yang salah tentang profesi ini adalah bahwa mereka hanya perlu mengoperasikan sistem komputer untuk melakukan pemesanan, padahal sebenarnya mereka juga harus berkomunikasi dengan klien, menjawab pertanyaan, dan menangani keluhan atau perubahan jadwal.
Perbedaan dengan profesi yang serupa, seperti agen perjalanan, adalah bahwa Koordinator Reservasi dan Pemesanan lebih fokus pada mengurus reservasi dan pemesanan secara detail, sementara agen perjalanan cenderung memberikan layanan yang lebih luas, termasuk membuat rencana perjalanan keseluruhan.