Koordinator SDM bertanggung jawab dalam mengelola dan mengkoordinasikan kegiatan yang berkaitan dengan sumber daya manusia.
Tugas utamanya meliputi pengelolaan rekrutmen, pelatihan dan pengembangan pegawai, serta administrasi ketenagakerjaan.
Selain itu, koordinator SDM juga bertanggung jawab dalam menangani konflik dan permasalahan karyawan serta memastikan kepatuhan terhadap peraturan dan kebijakan perusahaan.
Profil orang yang cocok untuk tipe pekerjaan sebagai Koordinator SDM adalah seseorang yang memiliki pengetahuan mendalam dalam manajemen sumber daya manusia, memiliki keterampilan dalam pengelolaan tim dan berkomunikasi dengan baik dengan berbagai tingkatan dalam organisasi.
Sebagai Koordinator SDM, individu tersebut juga harus memiliki kemampuan analitis yang kuat dalam mengidentifikasi dan memecahkan masalah yang berkaitan dengan tenaga kerja serta mampu mengambil keputusan yang tepat dan strategis untuk mengoptimalkan kinerja sumber daya manusia.
Jika kamu adalah seorang yang tidak memiliki keterampilan komunikasi yang baik, tidak suka bekerja dalam tim, dan tidak mampu mengelola konflik, kemungkinan kamu tidak cocok dengan pekerjaan sebagai koordinator SDM.
Ekspektasi tentang koordinator SDM seringkali berfokus pada tugas administratif, padahal sebenarnya mereka juga harus memiliki kemampuan manajemen dan kepemimpinan.
Realita menjadi koordinator SDM melibatkan lebih dari sekadar mengurus administrasi, namun juga berperan dalam pengembangan sumber daya manusia dan implementasi kebijakan kepemimpinan perusahaan.
Perbedaan dengan profesi HRD adalah bahwa koordinator SDM biasanya berperan dalam manajemen langsung di tingkat operasional, sedangkan HRD cenderung berperan dalam pengembangan strategi dan kebijakan SDM di perusahaan.