Pekerjaan sebagai manajer fasilitas hotel melibatkan pengelolaan dan pemeliharaan semua aspek operasional hotel.
Tugas utama meliputi mengawasi dan mengkoordinasi tim pelayanan, kebersihan, keamanan, dan perawatan fasilitas di hotel.
Selain itu, pekerjaan ini juga melibatkan pengaturan dan pemantauan kebutuhan tamu, menjaga kualitas layanan, serta menangani keluhan dan masalah yang muncul.
Profil orang yang cocok untuk tipe pekerjaan Manajer Fasilitas Hotel adalah seseorang yang memiliki pengalaman dalam industri perhotelan, memiliki keterampilan kepemimpinan yang kuat, dan mampu mengelola anggaran dengan efektif.
Dalam posisi ini, kandidat yang ideal juga harus memiliki kemampuan organisasi yang baik, dapat beradaptasi dengan perubahan, dan memiliki keterampilan interpersonal yang baik untuk berinteraksi dengan karyawan dan tamu hotel.
Jika kamu tidak memiliki keterampilan komunikasi yang baik, tidak bisa mengatasi masalah dengan cepat, dan tidak bisa bekerja dengan tim, kemungkinan kamu tidak cocok menjadi manajer fasilitas hotel.
Miskonsepsi tentang profesi Manajer Fasilitas Hotel adalah bahwa mereka hanya bertanggung jawab untuk mengatur dan memastikan kenyamanan tamu di hotel. Padahal, tugas mereka jauh lebih besar, termasuk mengelola operasional hotel dan memastikan semua fasilitas dan layanan berjalan dengan lancar.
Ekspektasi umum terkait Manajer Fasilitas Hotel adalah bahwa mereka bekerja di lingkungan yang glamor dan mewah, sementara realitanya pekerjaan ini bisa sangat menantang dan membutuhkan ketahanan dalam mengatasi berbagai masalah dan situasi tak terduga.
Perbedaan dengan profesi yang mirip, seperti Front Office Manager, adalah bahwa Manajer Fasilitas Hotel bertanggung jawab untuk mengelola semua fasilitas fisik hotel, sementara Front Office Manager lebih fokus pada layanan tamu di area resepsionis dan administrasi.