Seorang Manajer Hubungan Pelanggan bertanggung jawab untuk menjaga hubungan baik antara perusahaan dan pelanggan.
Tugas utamanya adalah memastikan kepuasan pelanggan dengan mengatasi keluhan, menyelesaikan masalah, dan memberikan informasi yang diperlukan.
Selain itu, seorang Manajer Hubungan Pelanggan juga harus membantu meningkatkan retensi pelanggan melalui komunikasi yang efektif serta menjalin kemitraan dengan pelanggan untuk memperoleh umpan balik yang berharga.
Profil orang yang cocok untuk tipe pekerjaan Manajer Hubungan Pelanggan adalah seseorang yang memiliki kemampuan komunikasi yang baik, dapat berinteraksi dengan baik dengan pelanggan, dan memiliki kemampuan memimpin tim dengan efektif.
Sebagai seorang Manajer Hubungan Pelanggan, tugasnya melibatkan banyak interaksi dengan pelanggan, yang membutuhkan seseorang yang ramah, sabar, dan dapat menjaga hubungan baik dengan pelanggan.
Orang yang tidak cocok dengan pekerjaan ini adalah mereka yang tidak memiliki kemampuan komunikasi yang baik dengan orang lain, sulit membangun hubungan yang baik dengan pelanggan, dan tidak mampu mengatasi konflik.
Ekspektasi banyak orang terhadap profesi Manajer Hubungan Pelanggan adalah bahwa mereka hanya perlu tersenyum dan memberikan pelayanan yang ramah. Namun, realitanya mereka juga harus menghadapi situasi yang sulit serta mengelola keluhan dan konflik pelanggan.
Salah satu perbedaan utama antara Manajer Hubungan Pelanggan dengan profesi yang mirip seperti Customer Service adalah bahwa Manajer Hubungan Pelanggan lebih fokus pada pengelolaan hubungan jangka panjang dengan pelanggan, sementara Customer Service lebih berkutat pada penanganan masalah pelanggan secara langsung.
Miskonsepsi lainnya adalah bahwa Manajer Hubungan Pelanggan hanya bertanggung jawab untuk memenuhi kebutuhan pelanggan saja. Padahal, tugas mereka juga meliputi membangun loyalitas pelanggan dan meningkatkan nilai hubungan bisnis dengan pelanggan.