Pekerjaan sebagai Manajer Keuangan Publik melibatkan pengelolaan anggaran dan sumber daya keuangan organisasi publik.
Tugas utama termasuk merencanakan, mengawasi, dan mengontrol anggaran publik, serta memastikan penggunaan dana secara efisien dan efektif.
Selain itu, Manajer Keuangan Publik juga bertanggung jawab untuk membuat laporan keuangan, menganalisis kinerja keuangan, dan memberikan rekomendasi kebijakan keuangan kepada pihak yang berwenang.
Seorang yang cocok untuk pekerjaan Manajer Keuangan Publik adalah seseorang yang memiliki pengetahuan yang kuat tentang keuangan publik dan pengelolaan anggaran. Mereka harus memiliki keterampilan analitis yang baik, dapat mengambil keputusan yang tepat, dan bisa berkomunikasi dengan baik dengan pihak-pihak terkait.
Jika kamu tidak memiliki pemahaman yang baik tentang keuangan publik, kurang memiliki keterampilan analisis, dan tidak memiliki ketekunan dalam menyusun anggaran dan laporan keuangan, kemungkinan kamu tidak cocok dengan pekerjaan sebagai Manajer Keuangan Publik.
Miskonsepsi tentang Manajer Keuangan Publik adalah bahwa mereka hanya bertanggung jawab dalam mengelola keuangan publik yang sederhana, padahal sebenarnya mereka harus menghadapi kompleksitas dan tantangan dalam mengelola anggaran yang besar dan hasilnya menjadi tanggung jawab publik.
Ekspektasi terhadap Manajer Keuangan Publik adalah bahwa mereka dapat menciptakan keajaiban dalam pengelolaan keuangan publik, namun realitanya mereka terbatas oleh regulasi dan kebijakan yang ada, serta perubahan politik yang dapat mempengaruhi pelaksanaan kegiatan keuangan.
Perbedaan dengan profesi yang mirip, seperti Manajer Keuangan di sektor swasta adalah bahwa Manajer Keuangan Publik lebih banyak berfokus pada pembangunan masyarakat dan kesejahteraan publik, sedangkan Manajer Keuangan di sektor swasta lebih mengutamakan profitabilitas perusahaan.