Manajer Pelanggan Katering

  Profil Profesi

Pekerjaan sebagai Manajer Pelanggan Katering melibatkan pengelolaan hubungan dengan pelanggan yang memesan jasa katering.

Tugas utama meliputi menerima pesanan dari pelanggan, mengkoordinasikan menu dan kebutuhan katering, serta memastikan kepuasan pelanggan terpenuhi.

Selain itu, pekerjaan ini juga melibatkan negosiasi harga, menyusun kontrak kerja, dan memantau pengiriman dan penyajian makanan yang sesuai dengan permintaan pelanggan.

Apa saya cocok bekerja sebagai Manajer Pelanggan Katering?

Profil orang yang cocok untuk tipe pekerjaan Manajer Pelanggan Katering adalah seorang yang memiliki kemampuan interpersonal yang baik, mampu menjalin hubungan yang kuat dengan klien, serta memiliki keahlian dalam mengelola proyek katering dengan efisien dan sukses.

Dalam pekerjaan ini, penting bagi seorang kandidat untuk memiliki kreativitas dan kemampuan mengolah ide-ide katering dan menu yang menarik; selain itu, juga penting bagi mereka untuk memiliki kemampuan manajemen waktu dan stres yang baik dalam menghadapi tantangan yang mungkin timbul dalam industri katering.

Jika kamu tidak suka berinteraksi dengan orang, tidak memiliki kemampuan komunikasi yang baik, dan tidak dapat menghadapi situasi yang menantang dengan baik, kemungkinan kamu tidak cocok dengan pekerjaan ini.

Konsep, ekspektasi dan realita

Miskonsepsi tentang Manajer Pelanggan Katering adalah bahwa pekerjaannya hanya berkaitan dengan mengatur pesanan makanan. Padahal, sebenarnya mereka juga bertanggung jawab untuk berkomunikasi dengan klien, merancang menu sesuai dengan kebutuhan mereka, dan memastikan kepuasan pelanggan secara keseluruhan.

Ekspektasi yang salah adalah bahwa menjadi Manajer Pelanggan Katering hanya melibatkan kegiatan menyenangkan seperti makan dan mencicipi makanan lezat. Kenyataannya, pekerjaan ini juga membutuhkan keterampilan dalam mengatasi masalah, menangani keluhan pelanggan, dan memastikan acara berjalan lancar.

Perbedaan dengan profesi serupa, seperti Manajer Acara, adalah bahwa Manajer Pelanggan Katering fokus pada aspek makanan dan layanan catering, sementara Manajer Acara bertanggung jawab untuk pengelolaan keseluruhan acara termasuk lokasi, dekorasi, dan waktu acara.

Jurusan Kuliah yang Mendukung

Manajemen Pariwisata dan Perhotelan.
Manajemen Kuliner.
Manajemen Bisnis Kuliner.
Manajemen Perencanaan Restoran.
Manajemen Event dan Pemasaran.
Manajemen Sumber Daya Manusia.
Manajemen Komunikasi dan Hubungan Masyarakat.
Manajemen Operasional dan Logistik.
Manajemen Teknologi Informasi.
Manajemen Keuangan dan Investasi.

Contoh perusahaan atau institusi yang membutuhkan

PT Sodexo Indonesia
PT Tiga Inti Auman
PT Anom Kita Sejahtera
PT Artisana Boga Nusantara
PT Boga Utama Sejahtera
PT Caterindo Prima Mandiri
PT Dapur Bamboe Indonesia
PT Gan Indah Caterindo
PT Warung Nyaman Sejahtera
PT Angkringan Jogja