Seorang pemegang acara sumber daya manusia bertanggung jawab dalam mengorganisir dan mengelola acara-acara yang melibatkan karyawan dan tim sumber daya manusia.
Tugas utama meliputi perencanaan acara, pengaturan tempat, dan koordinasi dengan vendor untuk menyediakan peralatan dan fasilitas yang dibutuhkan.
Selain itu, pemegang acara sumber daya manusia juga harus memastikan semua kebutuhan peserta acara terpenuhi dan acara berjalan dengan lancar.
Profil orang yang cocok untuk tipe pekerjaan Pemegang Acara Sumber Daya Manusia adalah seorang yang memiliki keterampilan komunikasi yang kuat, mampu mengorganisir acara dengan baik, dan memiliki pemahaman yang baik tentang kebutuhan sumber daya manusia.
Mereka juga harus dapat bekerja dengan berbagai pihak, termasuk manajemen, karyawan, dan vendor, untuk menjamin kesuksesan acara yang terkait dengan sumber daya manusia.
Jika kamu adalah seseorang yang tidak suka berinteraksi dengan orang banyak, tidak memiliki kemampuan komunikasi yang baik, dan tidak bisa mengatur banyak tugas sekaligus, kemungkinan kamu akan tidak cocok dengan pekerjaan ini.
Miskonsepsi tentang Pemegang Acara Sumber Daya Manusia adalah bahwa mereka hanya bertanggung jawab untuk menyelenggarakan acara perusahaan, padahal sebenarnya mereka juga memiliki tugas strategis dalam pengelolaan SDM.
Ekspektasi tentang Pemegang Acara Sumber Daya Manusia adalah bahwa mereka akan memberikan kesan yang sempurna dalam setiap acara, namun realitanya mereka juga harus menyelesaikan tugas sehari-hari terkait rekrutmen, penggajian, dan pengembangan karyawan.
Perbedaan dengan profesi yang mirip, seperti Event Organizer, adalah bahwa Pemegang Acara Sumber Daya Manusia lebih fokus pada aspek manajemen sumber daya manusia, sedangkan Event Organizer lebih fokus pada penyelenggaraan acara dan pengaturan logistik.