Pengelola Fasilitas Hotel

  Profil Profesi

Seorang pengelola fasilitas hotel bertanggung jawab untuk memastikan semua fasilitas dan peralatan di hotel berfungsi dengan baik.

Tugas utama meliputi perencanaan, pengawasan, dan pemeliharaan fasilitas seperti ruangan, kolam renang, gym, dan restoran.

Selain itu, seorang pengelola fasilitas hotel juga harus memastikan kegiatan perawatan dan perbaikan dilakukan secara rutin untuk menjaga standar kualitas dan kepuasan tamu.

Apa saya cocok bekerja sebagai Pengelola Fasilitas Hotel?

Profil orang yang cocok untuk tipe pekerjaan Pengelola Fasilitas Hotel adalah seseorang yang memiliki keterampilan manajemen yang kuat, mampu multi-tasking, dan memiliki pemahaman yang baik tentang industri perhotelan.

Sebagai pengelola fasilitas, individu yang tepat juga perlu memiliki kemampuan interpersonal yang baik, serta kemampuan untuk beradaptasi dengan perubahan yang cepat dalam lingkungan kerja hotel.

Jika kamu adalah seseorang yang tidak memiliki keterampilan komunikasi yang baik, tidak memiliki bakat dalam mengatasi tantangan yang muncul, dan sulit untuk bekerja dalam tim, kemungkinan kamu tidak cocok untuk menjadi pengelola fasilitas hotel.

Konsep, ekspektasi dan realita

Ekspektasi: Seorang pengelola fasilitas hotel dianggap hanya mengurus administrasi dan koordinasi tugas-tugas kebersihan. Realita: Sebenarnya, seorang pengelola fasilitas hotel juga harus mengatur pemeliharaan dan perbaikan fasilitas serta mengkoordinasikan kegiatan operasional hotel secara keseluruhan.

Ekspektasi: Pengelola fasilitas hotel dianggap memiliki peran yang sama dengan manajer hotel. Realita: Perbedaannya, manajer hotel memiliki tugas yang lebih luas dan fokus pada aspek bisnis, strategi, pemasaran, dan manajemen karyawan, sedangkan pengelola fasilitas hotel fokus pada administrasi dan pemeliharaan fasilitas.

Ekspektasi: Pengelola fasilitas hotel dianggap tidak terlibat langsung dalam pelayanan kepada tamu. Realita: Sebenarnya, pengelola fasilitas hotel juga dapat terlibat dalam memberikan pelayanan kepada tamu, terutama dalam hal penanganan keluhan atau permintaan khusus terkait fasilitas.

Jurusan Kuliah yang Mendukung

Manajemen Perhotelan
Administrasi Bisnis Hotel
Tata Boga (Culinary Arts)
Pariwisata
Manajemen Acara dan Konvensi
Manajemen Pelayanan Makanan dan Minuman
Manajemen Restoran
Business Management in Hospitality
Turisme dan Hotel Management
Perancangan Interior Hotel

Contoh perusahaan atau institusi yang membutuhkan

Hotel Indonesia Kempinski
PT Bali Paradise Hotel
JW Marriott Hotel Jakarta
Grand Hyatt Jakarta
Hotel Indonesia Natour Group
PT Sahid International Hotel
PT Mulia Persada International
Hotel Aryaduta
PT Tugu Mandiri
PT Natura Hospitality International