Staf customer service bertanggung jawab dalam memberikan pelayanan yang baik kepada pelanggan.
Tugas utama meliputi menerima dan menangani keluhan, pertanyaan, dan permintaan pelanggan melalui telepon, email, atau live chat.
Selain itu, staf customer service juga bertugas untuk memberikan informasi tentang produk atau layanan yang ditawarkan, serta membantu pelanggan dalam proses pemesanan atau pengembalian barang.
Seorang yang cocok untuk pekerjaan sebagai staf customer service adalah seseorang yang ramah, sabar, memiliki kemampuan komunikasi yang baik, dan mampu berinteraksi dengan berbagai macam jenis orang, sehingga dapat memberikan pelayanan yang baik kepada pelanggan.
Kemampuan multitasking, cepat tanggap, dan memiliki kemampuan problem solving juga menjadi kualifikasi yang diharapkan, agar dapat mengatasi masalah dan membantu pelanggan dalam mencari solusi.
Jika kamu adalah seseorang yang tidak ramah, tidak sabar, dan tidak memiliki kemampuan komunikasi yang baik, kemungkinan kamu tidak cocok sebagai staf customer service.
Miskonsepsi tentang profesi staf customer service adalah bahwa pekerjaannya hanya menjawab telepon dan mengurus keluhan pelanggan, padahal sebenarnya mereka juga bertanggung jawab dalam memberikan solusi, memberikan informasi produk, dan melakukan tugas administratif lainnya.
Ekspektasi terhadap staf customer service adalah mereka seharusnya selalu ramah dan sabar dalam menghadapi pelanggan yang emosional, namun realitanya mereka juga manusia dan bisa merasakan kelelahan serta keterbatasan dalam menangani situasi yang rumit.
Perbedaan dengan profesi yang mirip, seperti sales atau marketing, adalah bahwa staf customer service fokus pada pelayanan dan penyelesaian masalah pelanggan, sedangkan sales atau marketing lebih berfokus pada penjualan dan strategi pemasaran untuk menarik pelanggan baru.