Staf komunikasi internal bertanggung jawab untuk menyampaikan informasi secara efektif kepada semua karyawan.
Tugas utama meliputi menyusun dan mengirimkan email, membuat pengumuman, dan mengelola portal intranet perusahaan.
Selain itu, staf komunikasi internal juga bertindak sebagai mediator antara manajemen dan karyawan dalam hal komunikasi dan pertanyaan mengenai kebijakan perusahaan.
Seorang yang cocok untuk pekerjaan sebagai staf komunikasi internal adalah seseorang yang memiliki kemampuan komunikasi yang kuat, mampu bekerja dengan berbagai pihak dalam organisasi, dan memiliki pemahaman yang baik mengenai strategi komunikasi.
Dalam pekerjaan ini, seorang kandidat harus dapat mengelola informasi dengan baik, memiliki kemampuan menulis yang baik, dan dapat memahami kebutuhan komunikasi internal organisasi.
Jika kamu adalah seseorang yang tidak memiliki kemampuan komunikasi yang baik, sulit untuk bekerja dalam tim, dan tidak memiliki pemahaman yang mendalam tentang dinamika organisasi, kemungkinan kamu akan tidak cocok dengan pekerjaan ini.
Miskonsepsi tentang profesi staf komunikasi internal adalah bahwa mereka hanya bertanggung jawab menyebarkan informasi tanpa perlu memiliki keterampilan komunikasi yang baik.
Ekspektasi yang seringkali tidak sesuai dengan realita adalah bahwa staf komunikasi internal dapat mengatasi semua masalah komunikasi dalam organisasi tanpa dukungan penuh dari manajemen dan karyawan.
Perbedaan dengan profesi yang mirip, seperti staf marketing atau PR, adalah bahwa staf komunikasi internal lebih fokus pada komunikasi antara anggota organisasi dan menciptakan budaya komunikasi yang baik di dalamnya, sedangkan marketing dan PR lebih berfokus pada komunikasi dengan stakeholder eksternal dan mempromosikan produk atau layanan.