Ahli Komunikasi Pangan

  Profil Profesi

Pekerjaan ahli komunikasi pangan melibatkan penyampaian informasi dan pesan-pesan penting mengenai pangan kepada masyarakat.

Tugas utamanya adalah merancang dan mengimplementasikan strategi komunikasi yang efektif untuk meningkatkan kesadaran dan pemahaman masyarakat tentang isu-isu pangan.

Selain itu, ahli komunikasi pangan juga harus bekerja sama dengan stakeholder terkait, seperti petani, produsen pangan, dan pemerintah, untuk mengembangkan kampanye komunikasi yang berdampak positif pada keamanan pangan dan gizi masyarakat.

Apa saya cocok bekerja sebagai Ahli komunikasi pangan?

Profil orang yang cocok untuk tipe pekerjaan Ahli Komunikasi Pangan adalah seorang yang memiliki pengetahuan yang luas tentang pangan dan gizi, mampu menyampaikan informasi dengan jelas dan persuasif kepada masyarakat, serta memiliki kemampuan dalam mengembangkan strategi komunikasi yang efektif untuk menjangkau khalayak yang beragam.

Keterampilan untuk berkomunikasi dengan baik dan keahlian dalam mengelola proyek juga sangat dibutuhkan dalam pekerjaan ini.

Jika kamu tidak memiliki keahlian dalam bidang makanan, tidak tertarik dengan analisis pangan, dan tidak memiliki pengetahuan yang cukup mengenai keamanan pangan, kemungkinan kamu tidak cocok dengan pekerjaan ahli komunikasi pangan.

Konsep, ekspektasi dan realita

Miskonsepsi tentang profesi ahli komunikasi pangan adalah bahwa mereka hanya bertanggung jawab untuk memasarkan makanan. Padahal, mereka juga mempelajari dan menyampaikan informasi tentang keamanan pangan, nutrisi, dan keberlanjutan pangan.

Ekspektasi yang sering salah mengenai ahli komunikasi pangan adalah bahwa mereka hanya berhubungan dengan promosi makanan di media sosial. Realitanya, mereka juga terlibat dalam mengembangkan strategi komunikasi, menghubungkan produsen dengan konsumen, serta melakukan advokasi tentang isu-isu pangan.

Perbedaan antara ahli komunikasi pangan dengan profesi yang mirip, seperti ahli gizi atau ahli pangan, adalah bahwa fokus utama mereka berbeda. Ahli komunikasi pangan lebih berorientasi pada pengemasan dan penyampaian informasi pangan kepada konsumen, sedangkan ahli gizi lebih fokus pada aspek nutrisi dan ahli pangan pada aspek produksi dan pengolahan pangan.

Jurusan Kuliah yang Mendukung

Teknologi Pangan
Ilmu Pangan
Gizi dan Kesehatan
Mikrobiologi
Biokimia
Biologi
Kimia
Farmasi
Industri Pertanian
Kesehatan Masyarakat

Contoh perusahaan atau institusi yang membutuhkan

Nestle Indonesia
Indofood
Danone Indonesia
Unilever Indonesia
Mayora Group
Aneka Tambang (Antam)
Kalbe Farma
Sinar Mas Group
PT Indofood CBP Sukses Makmur Tbk
PT Charoen Pokphand Indonesia