Manajer Operasional Hotel

  Profil Profesi

Sebagai manajer operasional hotel, tugas utamanya adalah mengawasi dan mengelola semua aktivitas operasional hotel, mulai dari penerimaan tamu hingga pelayanan makanan dan minuman.

Manajer operasional hotel juga bertanggung jawab untuk memastikan fasilitas dan peralatan hotel selalu berfungsi baik serta terjaga kebersihannya.

Selain itu, manajer operasional hotel juga harus dapat mengkoordinasikan seluruh tim kerja, mengatasi masalah dan keluhan tamu, serta melakukan pengaturan terkait pengeluaran dan pendapatan hotel agar mencapai target keuntungan yang ditetapkan.

Apa saya cocok bekerja sebagai Manajer Operasional Hotel?

Profil orang yang cocok untuk tipe pekerjaan Manajer Operasional Hotel adalah seseorang yang memiliki pengalaman yang kuat dalam industri perhotelan, memiliki kepemimpinan yang baik, dan mampu mengelola banyak tugas dengan efisien dan efektif.

Sebagai Manajer Operasional Hotel, seseorang juga harus memiliki kemampuan komunikasi yang baik, memahami kebutuhan tamu, dan mampu membuat keputusan yang cepat dan tepat dalam situasi yang serba cepat dan dinamis.

Jika kamu adalah seorang yang tidak terbiasa dengan tekanan dan harus memiliki kemampuan multitasking yang tinggi, kemungkinan besar kamu tidak cocok sebagai seorang manajer operasional hotel.

Konsep, ekspektasi dan realita

Miskonsepsi tentang profesi Manajer Operasional Hotel adalah bahwa pekerjaannya hanya berfokus pada pengaturan operasional di hotel tanpa perlu melakukan banyak interaksi dengan tamu. Namun, kenyataannya, Manajer Operasional Hotel juga harus memiliki kemampuan komunikasi yang baik dalam menghadapi tamu dan menyelesaikan masalah yang timbul.

Ekspektasi yang salah tentang profesi Manajer Operasional Hotel adalah bahwa mereka bekerja dalam lingkungan yang santai dan nyaman tanpa tekanan. Nyatanya, Manajer Operasional Hotel harus siap bekerja dengan tekanan tinggi, seperti menghadapi keluhan tamu, mengatur kegiatan operasional yang kompleks, dan menjaga tingkat kualitas layanan.

Perbedaan dengan profesi yang mirip, seperti Manajer Restoran, adalah bahwa Manajer Operasional Hotel memiliki tanggung jawab yang lebih luas. Mereka tidak hanya bertanggung jawab untuk mengelola operasional restoran di hotel, tetapi juga mengawasi segala aspek operasional hotel secara keseluruhan, termasuk kebersihan, pelayanan kamar, keamanan, dan lain-lain.

Jurusan Kuliah yang Mendukung

Manajemen Perhotelan
Manajemen Pariwisata
Manajemen Bisnis Hotel dan Restoran
Manajemen Perjalanan Wisata
Manajemen Fasilitas dan Operasional Hotel
Manajemen Event dan Konvensi
Manajemen Operasional dan Layanan Hotel
Manajemen Sumber Daya Manusia di Industri Perhotelan
Manajemen Keuangan Hotel
Manajemen Operasional Ruang Makan dan Minuman dalam Industri Perhotelan

Contoh perusahaan atau institusi yang membutuhkan

Hotel Indonesia Kempinski Jakarta
The Ritz-Carlton Jakarta, Mega Kuningan
Grand Hyatt Jakarta
Shangri-La Hotel Jakarta
Four Seasons Hotel Jakarta
Mulia Hotel Jakarta
JW Marriott Hotel Jakarta
Ayana Midplaza Jakarta
Pullman Jakarta Indonesia
Sheraton Grand Jakarta Gandaria City Hotel