merupakan pekerjaan yang bertanggung jawab dalam memberikan materi pelatihan dan pengembangan kepada peserta lembaga tersebut.
Tugas utama adalah merancang dan menyusun kurikulum pelatihan yang sesuai dengan kebutuhan peserta, serta melakukan proses pengajarannya.
Selain itu, pengajar juga harus melakukan evaluasi dan memberikan umpan balik kepada peserta untuk mengetahui perkembangan mereka dalam mengikuti pelatihan.
Profil orang yang cocok untuk tipe pekerjaan pengajar di lembaga pelatihan dan pengembangan sumber daya manusia adalah seseorang yang memiliki pengetahuan yang luas dan mendalam tentang pengembangan sumber daya manusia serta memiliki keterampilan komunikasi yang baik dalam menyampaikan materi pelatihan secara efektif kepada peserta.
Kemampuan dalam merancang dan menyusun materi pelatihan yang berbeda-beda sesuai dengan kebutuhan peserta juga menjadi kualifikasi penting yang dibutuhkan.
Jika kamu tidak memiliki kemampuan komunikasi yang baik dan sulit beradaptasi dengan berbagai tipe individu, kemungkinan kamu tidak cocok untuk menjadi pengajar di lembaga pelatihan dan pengembangan sumber daya manusia.
Miskonsepsi pertama tentang profesi pengajar di lembaga pelatihan dan pengembangan sumber daya manusia adalah bahwa pekerjaannya hanya mengajar secara teori tanpa terlibat langsung dalam praktik di lapangan. Miskonsepsi ini tidak benar karena sebagian besar pengajar juga terlibat dalam kegiatan pelatihan langsung dan pendampingan peserta.
Miskonsepsi kedua adalah menganggap bahwa pekerjaan pengajar di lembaga pelatihan hanya membutuhkan keterampilan mengajar yang baik. Padahal, profesi ini juga membutuhkan kemampuan dalam merancang program pelatihan yang efektif, mengelola waktu dengan baik, dan menganalisis kebutuhan sumber daya manusia.
Perbedaan dengan profesi yang mirip, seperti dosen di universitas, adalah bahwa pengajar di lembaga pelatihan fokus pada pelatihan praktis dan mengembangkan keterampilan kerja seseorang dalam konteks industri tertentu, sementara dosen lebih cenderung fokus pada pendidikan akademik dan pengajaran teori dalam lingkungan perkuliahan.