Pekerjaan di bidang administrasi HRD melibatkan kegiatan pengelolaan dan pemrosesan data karyawan untuk keperluan administrasi sumber daya manusia.
Tugas utama meliputi penginputan data karyawan, pemeliharaan data karyawan yang akurat, serta pengelolaan absensi dan perizinan karyawan.
Selain itu, pekerjaan ini juga melibatkan koordinasi dengan departemen terkait dalam penyediaan informasi dan dokumentasi terkait karyawan dan kebutuhan administrasi HRD lainnya.
Profil orang yang cocok untuk tipe pekerjaan Staf Administrasi HRD adalah seseorang yang memiliki keahlian dalam mengelola data karyawan, mengerti proses rekruitmen dan seleksi, serta mampu menjaga kerahasiaan informasi.
Dalam pekerjaan ini, seorang kandidat juga harus memiliki kemampuan komunikasi yang baik, dapat bekerja dengan tim, dan memiliki kemampuan multitasking yang baik untuk mengatasi tugas-tugas yang kompleks.
Jika kamu tidak memiliki keahlian dalam mengelola administrasi, tidak memiliki pengetahuan tentang kebijakan dan prosedur HRD, serta tidak memiliki ketelitian dalam mengolah data dan informasi, kemungkinan kamu tidak cocok sebagai staf administrasi HRD.
Miskonsepsi tentang profesi Staf Administrasi HRD adalah bahwa mereka hanya bertanggung jawab untuk mengurus administrative tasks, padahal mereka juga berperan penting dalam rekrutmen, pelatihan, dan pengembangan karyawan.
Ekspektasi miskonsepsi tentang Staf Administrasi HRD adalah bahwa mereka selalu terlibat dalam pengambilan keputusan strategis pada perusahaan, padahal tugas utama mereka adalah mendukung departemen HRD melalui tugas administratif.
Perbedaan dengan profesi yang mirip seperti HR Manager adalah bahwa Staf Administrasi HRD lebih fokus pada tugas-tugas administrative dan operasional, sedangkan HR Manager memiliki peran yang lebih strategis dalam pengembangan kebijakan dan mentorship karyawan.