Corporate Affairs Manager

  Profil Profesi

Sebagai Corporate Affairs Manager, tugas utama meliputi mengelola dan mengkoordinasi semua aktivitas dan komunikasi terkait dengan reputasi, hubungan masyarakat, dan kebijakan perusahaan.

Pekerjaan ini juga mencakup membangun dan menjaga hubungan yang baik dengan pihak terkait seperti media, pemerintah, komunitas, dan pemangku kepentingan lainnya.

Selain itu, sebagai Corporate Affairs Manager, juga bertanggung jawab untuk memastikan perusahaan mematuhi semua peraturan dan persyaratan hukum yang relevan.

Apa saya cocok bekerja sebagai Corporate Affairs Manager?

Profil orang yang cocok untuk posisi Corporate Affairs Manager adalah seseorang yang memiliki kemampuan komunikasi yang kuat, mampu berhubungan dengan berbagai pihak terkait dengan perusahaan, serta memiliki pemahaman yang mendalam tentang kebijakan tata kelola perusahaan.

Dalam menjalankan peran ini, seorang Corporate Affairs Manager juga harus memiliki keterampilan dalam mengelola proyek yang kompleks dan mampu beradaptasi dengan perubahan lingkungan bisnis yang cepat.

Jika kamu adalah seorang yang tidak memiliki kemampuan komunikasi yang baik, tidak pandai dalam membangun hubungan baik dengan pihak eksternal, dan tidak memiliki pemahaman yang mendalam tentang industri, kemungkinan kamu akan tidak cocok dengan pekerjaan ini.

Konsep, ekspektasi dan realita

Miskonsepsi tentang profesi Corporate Affairs Manager adalah bahwa tugasnya hanya berhubungan dengan urusan perusahaan secara keseluruhan, padahal sebenarnya mereka juga harus berkomunikasi dan berinteraksi dengan masyarakat dan pemangku kepentingan eksternal.

Ekspektasi tentang profesi ini seringkali menganggap bahwa Corporate Affairs Manager hanya bertanggung jawab dalam mengurus urusan administratif, padahal mereka juga harus berperan aktif dalam mengelola reputasi perusahaan dan menjaga hubungan dengan media, pemerintah, dan komunitas sekitar.

Perbedaan mendasar dengan profesi yang mirip, seperti Public Relations Manager, adalah bahwa Corporate Affairs Manager lebih fokus pada strategi perusahaan secara keseluruhan dan bekerja dengan berbagai pihak terkait, sementara Public Relations Manager lebih fokus pada aspek komunikasi dan upaya memperkuat citra perusahaan di masyarakat.

Jurusan Kuliah yang Mendukung

Komunikasi dan Hubungan Masyarakat
Ilmu Politik dan Hubungan Internasional
Hukum Bisnis
Studi Bisnis dan Manajemen
Psikologi Bisnis
Administrasi Bisnis Internasional
Manajemen Sumber Daya Manusia
Ilmu Pemerintahan
Studi Kebijakan Publik
Jurnalisme dan Media Massa

Contoh perusahaan atau institusi yang membutuhkan

PT Telkom Indonesia
PT Bank Mandiri (Persero) Tbk
PT Garuda Indonesia (Persero) Tbk
PT Unilever Indonesia Tbk
PT Pertamina (Persero)
PT Astra International Tbk
PT Gudang Garam Tbk
PT Bank Central Asia (BCA) Tbk
PT Indosat Tbk
PT Matahari Department Store Tbk