Koordinator Operasional Layanan Pelanggan

  Profil Profesi

Sebagai koordinator operasional layanan pelanggan, tugasnya adalah mengawasi dan mengoordinasi semua kegiatan dalam tim layanan pelanggan.

Pekerjaan ini meliputi menyusun jadwal kerja, memberikan arahan kepada tim, memantau kinerja layanan pelanggan, dan mengevaluasi kepuasan pelanggan.

Selain itu, koordinator operasional juga bertugas berkomunikasi dengan pelanggan mengenai pertanyaan, masalah, atau keluhan mereka, serta mencari solusi yang tepat untuk memastikan kepuasan pelanggan.

Apa saya cocok bekerja sebagai Koordinator operasional layanan pelanggan?

Seorang yang cocok untuk posisi Koordinator Operasional Layanan Pelanggan adalah seseorang yang memiliki keahlian dalam mengelola tim, memiliki kemampuan komunikasi yang baik, dan mampu bekerja di bawah tekanan dengan baik.

Disamping itu, seorang Koordinator Operasional Layanan Pelanggan juga perlu memiliki kemampuan analitis yang tinggi dan dapat mengambil keputusan secara efektif untuk memastikan kepuasan pelanggan.

Jika kamu tidak memiliki kemampuan komunikasi yang baik, sulit dalam mengorganisir tugas, dan kurang mampu memberikan solusi cepat untuk masalah pelanggan, kemungkinan kamu tidak cocok dengan pekerjaan koordinator operasional layanan pelanggan.

Konsep, ekspektasi dan realita

Miskonsepsi tentang profesi Koordinator operasional layanan pelanggan adalah bahwa pekerjaan ini hanya tentang menerima dan merespons keluhan pelanggan. Padahal, sebenarnya pekerjaan ini melibatkan koordinasi dan pengaturan berbagai aspek layanan pelanggan, termasuk mengelola tim, memantau kinerja, dan mengimplementasikan perbaikan.

Ekspektasi terhadap Koordinator operasional layanan pelanggan seringkali menganggap mereka sebagai orang yang harus selalu tersedia dan siap memberikan solusi instan. Namun, realitanya, mereka juga perlu menjalankan tugas-tugas lain, berkolaborasi dengan departemen lain, dan menghadapi tantangan yang membutuhkan waktu untuk dicari solusinya.

Perbedaan dengan profesi yang mirip seperti Manajer Layanan Pelanggan adalah bahwa Koordinator operasional lebih fokus pada aspek operasional dan pemantauan kinerja tim, sedangkan Manajer Layanan Pelanggan lebih berkaitan dengan strategi, pengembangan relasi pelanggan, dan pengambilan keputusan yang lebih strategis.

Jurusan Kuliah yang Mendukung

Manajemen Bisnis
Manajemen Pemasaran
Manajemen Operasi
Manajemen Layanan Pelanggan
Manajemen Ritel
Manajemen Logistik dan Rantai Pasokan
Manajemen Sumber Daya Manusia
Manajemen Proyek
Manajemen Kualitas
Manajemen Keuangan dan Perbankan

Contoh perusahaan atau institusi yang membutuhkan

PT Telkom Indonesia
PT Bank Mandiri (Persero) Tbk
PT Bank Central Asia (BCA) Tbk
PT Unilever Indonesia Tbk
PT Astra International Tbk
PT Pertamina (Persero)
PT Garuda Indonesia (Persero) Tbk
PT Telekomunikasi Selular (Telkomsel)
PT XL Axiata Tbk
PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk