Pekerjaan di bidang psikolog human resources melibatkan analisis dan evaluasi terhadap aspek psikologis karyawan untuk mendukung kegiatan manajemen sumber daya manusia.
Tugas utama meliputi melakukan tes psikologis dan wawancara untuk mengidentifikasi karakteristik personaliti, keahlian, dan potensi karyawan.
Selain itu, pekerjaan ini juga melibatkan memberikan konseling dan dukungan psikologis kepada karyawan untuk meningkatkan kesejahteraan mental dan produktivitas kerja mereka.
Profil orang yang cocok untuk tipe pekerjaan Psikolog Human Resources adalah seseorang yang memiliki pengetahuan dan pemahaman yang baik tentang psikologi, memiliki kemampuan analisis dan evaluasi yang tajam, serta memiliki keterampilan interpersonal yang kuat untuk berinteraksi dengan berbagai individu dan tim di perusahaan.
Sebagai seorang Psikolog Human Resources, individu tersebut juga harus memiliki komitmen terhadap etika profesional, mampu menjaga kerahasiaan informasi, serta dapat menghadapi dan mengelola konflik dengan bijaksana dan sensitif.
Jika kamu tidak memiliki kemampuan empati yang tinggi, kurang mampu mendengarkan dengan baik, serta kurang memiliki ketertarikan dalam mempelajari dan menganalisis perilaku manusia, kemungkinan kamu akan tidak cocok dengan pekerjaan ini.
Miskonsepsi tentang profesi Psikolog Human Resources adalah bahwa mereka hanya bertanggung jawab dalam melakukan wawancara kerja dan perekrutan, padahal mereka juga bertugas mengelola kebijakan dan program kesejahteraan karyawan.
Ekspektasi mengenai Psikolog Human Resources seringkali dianggap sebagai orang yang bisa memecahkan semua konflik di tempat kerja, namun dalam realita tugas mereka lebih berfokus pada mengelola dan mengembangkan talenta serta memastikan kepuasan karyawan.
Perbedaan dengan profesi yang mirip, seperti psikolog klinis, adalah bahwa Psikolog Human Resources memiliki fokus yang lebih spesifik dalam konteks organisasi atau perusahaan, sedangkan psikolog klinis lebih bergerak dalam bidang kesehatan mental individu secara umum.