Pekerjaan sebagai Staff Customer Service melibatkan pelayanan terhadap pelanggan dalam menyelesaikan masalah, menjawab pertanyaan, dan memberikan informasi terkait produk atau layanan perusahaan.
Tugas utama meliputi menerima panggilan, pesan, atau keluhan pelanggan, serta memberikan solusi yang sesuai dengan kebijakan perusahaan.
Selain itu, pekerjaan ini juga melibatkan pencatatan dan pelaporan mengenai interaksi dengan pelanggan, serta bekerja sama dengan tim lain untuk meningkatkan layanan pelanggan.
Profil orang yang cocok untuk tipe pekerjaan Staff Customer Service adalah seorang yang memiliki kemampuan komunikasi yang baik, ramah, dan mampu bekerja dengan baik di bawah tekanan tinggi.
Kandidat yang dapat menghadapi berbagai situasi yang challenging dengan sikap positif dan mampu memberikan solusi yang memuaskan kepada pelanggan akan cocok dalam pekerjaan tersebut.
Jika kamu kurang memiliki kemampuan komunikasi yang baik, mudah terbawa emosi, dan sulit menghadapi keluhan pelanggan, kemungkinan kamu akan tidak cocok dengan pekerjaan Staff Customer Service.
Ekspektasi: Staff Customer Service hanya berurusan dengan pelanggan yang ramah dan sopan. Realita: Mereka juga harus menghadapi pelanggan yang marah, emosional, dan sulit.
Ekspektasi: Staff Customer Service hanya bertugas menjawab pertanyaan. Realita: Mereka juga harus menangani keluhan, memecahkan masalah, dan memberikan solusi kepada pelanggan.
Perbedaan dengan profesi yang mirip, seperti Sales Person: Staff Customer Service fokus pada pelayanan dan kepuasan pelanggan, sedangkan Sales Person berfokus pada penjualan produk atau layanan kepada pelanggan.